Jumat, 06 Juni 2014

RESEP MASAKAN RUMIS KHAS BANGKA

esep Masakan Rusip Khas Bangka - Rusip adalah masakan tradisional khas Bangka Belitung. Salah satu daftar kuliner yang terdapat di Bangka Belitung adalah Rusip atau Rosep.  
















Resep Masakan Rusip Khas Bangka - Rusip adalah masakan tradisional khas Bangka Belitung. Salah satu daftar kuliner yang terdapat di Bangka Belitung adalah Rusip atau Rosep. Kuliner masakan Rusip dapat dikatakan salah satu masakan kuliner yang tergolong extrem. waw... kenapa demikian ? Dikarenakan bahan utama pembuatan rusip adalah ikan teri yang sudah dibersihkan kemudian dicampur dengan garam gongseng dan gula aren selanjutnya difermentasi seperti pembuatan tape. Tentu bagi yang tidak biasa akan merasakan sensasi rasa yang tidak biasanya. Rasa asin, manis dan sebagainya.
Rusip biasanya digunakan sebagai teman makan atau sebagai sambal. Apalagi sebagai santapan lalapan seperti daun singkong, genjer, timun, kangkung rebus dan lainnya rasanya makyus membuat nafsu makan bertambah.
Rusip dapat anda temui di toko - toko khusus menjual oleh - oleh khas Bangka Belitung. Berbagai ukuran dan cita rasa dapat anda pilih. Atau anda dapat membuatnya sendiri di rumah sebagai penambah selera makan.
Jika anda ingin membuat kuliner masakan khas bangka belitung "Rusip", Di bawah ini terdapat Resep Kuliner Masakan Rusip Khas Bangka 
Bahan - Bahan :
Ikan segar (Teri atau Tuna atau Makerel)
Garam
Gula Aren
Cara pembuatan Rusip :
1.      Bersihkan ikan segar dari kotorannya dan dibuang kepalanya. 
2.      Cusi sampai benar-benar bersih dan diangin-anginkan/dikeringkan.
3.      Campuri ikan dengan garam dan diaduk sampai merata.Diamkan selama sehari semalam dalam wadah yang tertutup.
4.      Masak gula aren dalam air sampai larut, kemudian biarkan air gula menjadi dingin.Setelah sehari semalam, acar ikan dibuka.
5.      Campurkan air gula aren dengan acar ikan.
6.      Masukan kedalam wadah tertutup dan diamkan selama kurang lebih 1 minggu.
Rusip telah siap disantap ketika ada aroma agak asam. Rusip dapat disanatap langsung dan dapat pula melalui proses memasak nya terlebih dahulu. Cara menyantap nya dengan mengiris bawang merah, cabe dan air jeruk nipis menambah cita rasa rusip di cecel dengan lalapan tambah mantab.

Setelah membuat rusip rasanya tak lengkap jika mengkonsumsinya tidak dengan sambal rusip. Berikut adalah Resep Sambal Rusip Khas Bangka :
Cara membuat sambal rusip :
Bahan-Bahan :
3 sendok makan rusip bangka 
3 siung bawang putih, diiris tipis
5 siung bawang merah, diiris tipis 3 buah belimbing wuluh
5 buah cabe merah keriting/cabe hijau, diiris serong.
Cara memasak :
1.      Tumis bawang hingga tercium harum. 
2.      Masukkan irisan belimbing/tomat atau air jeruk nipis.
3.      Masukan Rusip dan sedikit air, aduk hingga merata.
4.      Tambahkan gula pasir sesuai selera
5.      Tambahkan bumbu penyedap rasa. Masak sampai matang. 


1 komentar: